JL.Tentara Pelajar,No.48,Kompleks Islamic Centre,Kembaran,Kebumen. Phone : 0287-386709

Selasa, 07 Oktober 2014

Penyembelihan Hewan Qurban

       Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha, SD Islam Terpadu Al Madinah bersama TK Yaa Bunayya dan LPI Hidayatullah melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Hewan yang dikurbankan yaitu 2 ekor kambing. Penyembelihan hewan qurban tersebut disaksikan oleh seluruh murid SD Islam Terpadu Al Madinah dan TK Yaa Bunayya. Penyembelihan tersebut dilaksanakan di tengah lapangan SD Islam Terpadu Al Madinah. Seluruh murid antusias menyaksikan hewan kambing disembelih, selanjutnya hewan kurban tersebut dibagi-bagi kepada masyarakat sekitar dan guru-guru.
       Penyembelihan hewan qurban sudah dilaksanakan sejak zaman Nabi Ibrahim. Diriwayatkan ketika Nabi Ismail akan disembelih oleh Nabi Ibrahim, mereka saling berdiskusi. "Inni arōfil manāmi annī abauka fanur mā ża taro", kemudian Nabi Ismail menjawab "Yā abati af’al mā tu´mar, satajidunī insya Allah mina ṣōbirīn(a)." Artinya "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Nabi Ismail menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar."
       Qurban memiliki beberapa makna, yaitu:
  1. Merupakan pencerah jiwa karena dengan berkurban berarti jiwa kita terhubung dengan ketaqwaan kepada Allah SWT;
  2. Dapat memupuk keikhlasan, kejujuran dan kesabaran yang membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya juga mencintai makhluk ciptaanNya.
  3. Mempererat tali persaudaraan kepada sesama manusia serta sikap solidaritas yang tinggi; dan
  4. Memperkuat keteguhan hati dan jiwa dalam diri kita.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar