JL.Tentara Pelajar,No.48,Kompleks Islamic Centre,Kembaran,Kebumen. Phone : 0287-386709

Kamis, 09 April 2015

Pendidikan dalam Islam

Pendidikan anak adalah perkara yang sangat penting di dalam Islam. Seorang pendidik, baik orangtua maupun guru hendaknya mengetahui betapa besarnya tanggung jawab mereka di hadapan Allah ‘azza wa jalla terhadap pendidikan putra-putrinya.
Allah berfirman.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu”. (At-Tahrim: 6)
Hadits.
كُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

“Setiap di antara kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban” (H.R Bukhori dan muslim)
Wajib bagi seorang guru atau orang tua harus tahu apa yang harus diajarkan kepada seorang anak serta bagaimana metode yang telah dituntunkan oleh Rasul Muhammad S.A.W.

Beberapa tuntunan tersebut antara lain:
1.      Menanamkan Tauhid dan Aqidah yang Benar kepada Anak

Suatu hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa tauhid merupakan landasan Islam. Apabila seseorang benar tauhidnya, maka dia akan mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat. Sebaliknya, tanpa tauhid dia pasti terjatuh ke dalam kesyirikan dan akan menemui kecelakaan di dunia serta kekekalan di dalam adzab neraka.
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
Dalam Al-Quran pula Allah kisahkan nasehat Luqman kepada anaknya.
يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
“Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, Sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezhaliman yang besar”.(Luqman: 13)
2.      Mengajari Anak untuk Melaksanakan Ibadah.

Hendaknya sejak kecil putra-putri kita diajarkan bagaimana beribadah dengan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah S.A.W. Mulai dari tata cara bersuci, shalat, puasa serta beragam ibadah lainnya.
3.      Mengajarkan Al-Quran, Hadits, do’a dan dzikir yang Ringan kepada Anak-anak.

Dimulai dengan surat-surat yang pendek serta doa dan dzikir sehari-hari. Hendaknya mereka mulai menghapalkannya, seperti doa ketika makan, keluar masuk WC dan lain-lain.

4.      Mendidik Anak dengan Berbagai Adab dan Akhlaq yang Mulia

-   Adab Islami seperti : makan dengan tangan kanan, mengucapkan basmalah sebelum makan, menjaga kebersihan, mengucapkan salam, dll.
-   Akhlaq mulia seperti : berkata dan bersikap jujur, berbakti kepada orang tua, dermawan, menghormati yang lebih tua dan sayang kepada yang lebih muda, dll.

5.       Melarang Anak dari Berbagai Perbuatan yang Diharamkan.

Hendaknya anak sedini mungkin diperingatkan dari beragam perbuatan yang tidak baik atau bahkan diharamkan, judi, minum khamr, mencuri, mengambil hak orang lain, zhalim, durhaka kepada orang tua dan segenap perbuatan haram lainnya.
6.      Menanamkan Cinta Jihad serta Keberanian.

Bacakanlah kepada mereka kisah-kisah keberanian Nabi dan para sahabatnya dalam peperangan untuk menegakkan Islam agar mereka mengetahui bahwa beliau adalah sosok yang pemberani.
Didiklah mereka agar berani beramar ma’ruf nahi munkar, dan hendaknya mereka tidaklah takut melainkan hanya kepada Allah. Dan tidak boleh menakut-nakuti mereka dengan cerita-cerita bohong, horor serta menakuti mereka dengan gelap.
7.      Membiasakan Anak dengan Pakaian yang Syar’i.

Hendaknya anak-anak dibiasakan menggunakan pakaian sesuai dengan jenis kelaminnya.
Untuk anak perempuan, biasakanlah agar mereka mengenakan kerudung penutup kepala sehingga ketika dewasa mereka akan mudah untuk mengenakan jilbab yang syar’i.
Demikianlah beberapa tuntunan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam mendidik anak. Hendaknya para orang tua dan pendidik bisa merealisasikannya dalam pendidikan mereka terhadap anak-anak. Dan hendaknya pula mereka ingat, untuk selalu bersabar, menasehati putra-putri Islam dengan lembut dan penuh kasih sayang.

Semoga bisa bermanfaat, terutama bagi orang tua dan para pendidik. Wallahu a’lam bishsawab. (Amin Maghfur)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar