Menjadi seorang pendidik adalah salah satu
pekerjaan mulia. Dari tugas ini kita bukan hanya mengantarkan anak-anak didik
tumbuh menjadi seorang anak yang pandai dan memiliki keahlian dan ketrampilan akan
tetapi seorang pendidik juga dituntut agar bisa menanamkan akhlak-akhlak mulia
dari pembiasan baik serta penguatan karakter positif di setiap kegiatan yang
dilakukan anak di sekolah. Untuk itu bukan tugas yang ringan menjadi seorang
pendidik. Diperlukan totalitas, keikhlasan, kesabaran dan kemampuan serta kemauan
yang kuat untuk mampu mengembangkan diri menjadi seorang pendidik yang baik.
Dalam hal ini,
saya membedakan makna guru sebagai
pendidik, dan guru sebagai pengajar.
Banyak hal yang harus dipersiapkan seorang pendidik dalam mengajar, mulai dari
persiapan administrasi seperti RPP, penilaian, LK, media pembelajaran dan
lain-lain.
Seorang guru juga harus memiliki persiapan mental, fisik (termasuk
hati) yang baik. Mengapa ?? Aura semangat seorang guru yang baik akan mampu
memberikan energi positif murid untuk
lebih antusias dalam belajar. Bayangkan jika seorang guru yang sudah
siap dan perfect dalam persiapannya,
bervariasi dalam metode pembelajarannya, menguasai banyak teori pendidikan tapi
menganggap bahwa mengajar hanyalah sebuah rutinitas pekerjaan hidup, sebatas
tanggungjawab duniawi maka bisa jadi pembelajaran yang diterima anak menjadi biasa-biasa saja, kering, dan kurang bermakna.
Seperti berita sekilas info yang hanya didengar sesaat dan hilang dalam
sekejap.
Bisa dikatakan
sebagus apapun rencana kegiatan pembelajaran yang baik namun jika tidak diiringi
semangat ruhiyah yang datang dari keihlasan dan kecintaan karena bersemangat
menuai amal shaleh dan beribadah maka hasil yang didapatkan anak biasa-biasa
saja, sulit untuk menyentuh hati anak, dan keberkahan untuk bagi gurunya
sendiripun tidak akan terasa.
Faktor keberhasilan seorang guru bisa ditentukan
dari faktor intern dan ekstern. Guru yang baik adalah guru yang memahami dan menguasai
teori pembelajaran yang diusung oleh para ahli pendidikan baik dari sisi
psikologinya, metodenya, segi perkembangan ilmu pengetahuan sampai teori yang
membahas tahap tumbuh perkembangan anak, teori sikap dan teori-teori pendidikan lainnya dengan baik.
Seorang guru juga dituntut untuk matang dalam perencanaan, lihai dalam
menguasai masalah yang terjadi di kelas mampu menjadi teladan dan panutan bagi
anak didiknya. Tapi apakah semua itu cukup untuk menjadi pendidik yang ideal
dan berkualitas?
Menurut saya,
menjadi seorang pendidik yang berkualitas bukan hanya sekedar mempersiapkan
hal-hal dhohir (yang tampak) dan
memberikan pijakan penguatan karakter anak didik tapi juga harus mempersiapkan
hal yang tidak terlihat keberadaannya yaitu ketetapan HATI untuk...
·
bagaimana kita bisa memenuhi
hati untuk selalu penuh cinta untuk semua
anak tanpa terkecuali,
·
ikhlas
menerima yang kurang dari mereka,
·
bersabar
dengan segala kondisi kekurangnyamanan,
·
istiqomah
menjaga
semangat berdakwah menyampaikan nilai-nilai Islam dalam materi pembelajaran untuk
bekal kehidupan anak-anak dunia akherat.
M30 Casino | KLM - Web Services & Services | jtmhub.com
BalasHapusM30 동두천 출장마사지 Casino, located in KVM, provides 영천 출장안마 over 700 slot 평택 출장안마 machines and table games. Our team of experienced casino pros knows how 나주 출장마사지 to play 남양주 출장안마 slots in casino.